CARA ANTISIPASI NYERI PADA SAAT HAID

Nyeri haid dapat mengganggu aktifitas kita sehari-hari sehingga pekerjaan yang sedang kita lakukan tidak akan maksimal. Perubahaan mood menjadi mudah marah, tersinggung,dll pada saat PMS juga akan bertambah buruk jika diikuti dengan nyeri haid. Nyeri haid yang ringan dapat diatasi dengan cara alami dibawah ini.
 


1. Menggerakkan Tubuh
Olahraga ringan seperti jogging, bersepeda, bahkan sekedar window shopping di mall (dengan syarat anda tidak berhenti dan masuk ke toko) akan membantu mengurangi nyeri haid jika dilakukan teratur. Pakai pakaian yang nyaman selama olahraga dan gerakkan lengan serta pinggul anda agar peredaran darah berjalan lancar.
2. Berendam Air Hangat.
Air hangat yang ditambahkan minyak esensial dapat membuat otot anda yang kaku dan kram menjadi relaks. Sehingga nyeri haid juga berkurang. Nyalakan aromaterapi di kamar mandi saat anda berendam sehingga akan menciptakan suasana yang nyaman dan menenangkan. Selain itu anda bisa menggunakan bantalan (pad) atau botol panas yang ditaruh di punggung dan perut anda untuk mengurangi nyeri.
3. Minum Teh Hangat.
Teh chamomile, daun raspberry maupun jahe (gingerrot tea) yang hangat dipercaya akan mengurangi nyeri haid. Karena didalamnya terdapat berbagai zat yang dapat membuat tubuh relaks dan hangat.
4. Konsumsi Kalsium dan Vitamin D.
Kekurangan kalsium akan membuat otot anda menjadi hiperaktif dan mudah kram. Saat menjelang menstruasi, konsumsi suplemen atau makanan yang kaya kalsium dan vitamin D seperti susu, sayur hijau, dll. Sayuran hijau yang banyak serat juga akan mengurangi sembelit akibat perubahan hormon selama haid.
5. Konsumsi Magnesium.
Magnesium berfungsi meningkatkan kapasitas absorpsi kalsium. Sehingga diperlukan bersamaan dengan konsumsi kalsium. Selain terdapat dalam suplemen, magnesium juga terdapat pada makanan seperti gandum utuh dalam bentuk oat maupun tepung, biji-bijian, salmon, udang, tofu, sayuran, dan kacang-kacangan.
6. Akupunktur, Yoga, dan Pijat.
Sejak jaman dahulu, akupunktur telah dikenal baik untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan terutama nyeri otot. Yoga juga bersifat relaksasi sehingga otot tidak akan kaku dan nyeri. Pijat, terutama Shiatsu dan Maya, dapat meringankan gejala nyeri haid dan kaku otot. Minumlah air putih yang banyak setelah melakukan pemijatan agar kelebihan racun dan cairan tubuh dapat terbuang.
7. Ubah pola makan.
Mengurangi konsumsi garam selama haid dapat membantu mengurangi pembengkakan, nyeri payudara, dan pusing. Selain itu kurangi pula konsumsi kafein dan alkohol agar gejala depresi dan perubahan mood akan berkurang. Perbanyak konsumsi air putih.
These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.

2 Responses to this post

  1. zaki dinul on 28 Januari 2015 pukul 01.55

    ara mengatasi dismenore yang paling sederhana adalah mencoba mengalihkan rasa nyeri pada kegiatan lain, seperti relaksasi atau berolahraga. sumber: udoctor.co.id

  2. Unknown on 27 Oktober 2015 pukul 00.18

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics