CARA ALAMI MENGATASI KULIT WAJAH YANG TIDAK MERATA

Memiliki warna kulit wajah yang tidak merata sangat amat mengggangu. Karena orang – orang akan mengangapnya sebagai panu, padahal warna kulit tidak merata di wajah bukanlah panu, akan tetapi karena ada nya jamur yang bernama pitiriasis alba yang menyebabkan warna kulit wajah tidak merata. Memang sulit menentukan apakah itu panu atau bukan, perbedaannya adalah, panu terasa gatal, sedangkan pitiriasis alba tidak menyebabkan rasa gatal.
Penyebab timbulnya pitiriasis alba adalah terlalu sering dan lama nya kulit wajah terkena paparan sinar matahari secara langsung, sinar ultra violet, serta keringnya kulit wajah. Kulit wajah yang terlalu kering adalah tempat tinggal yang sangat disukai oleh pitiriasis alba.

Tapi jangan khawatir, tips – tips di bawah ini akan membantu anda untuk mengatasi masalah warna kulit tidak merata ini. Berikut tips – tips mengatasi warna kulit tidak merata :

1. Hindari paparan sinar matahari secara langsung
Gunakanlah topi, payung pada saat hendak keluar rumah di siang hari. Gunakalah juga cream pelindung kulit wajah(sunblock atau cream perawatan wajah) yang sesuai dengan jenis kulit anda. Jangan biarkan kulit wajah anda terkena paparan sinar matahari secara langsung!
2. Jangan menggunakan kosmetik terlalu tebal
Jangan memakai kosmetik terlalu tebal, terutama pada siang hari. Ketika kita memakai kosmetik tebal(foundation, bedak padat, dll) membuat pori – pori di wajah kita tertutup, dan pada siang hari di mana wajah kita terkena kotoran paling parah, sehingga akan membuat kulit wajah kering, kusam, serta akan membuat wajah berjerawat juga, tidak hanya timbul jamur yang akhirnya menyebabkan warna kulit wajah tidak merata.
Jadi gunakanlah pelembab/cream perawatan wajah yang bisa berguna sebagai alas bedak juga, lalu bedak yang tidak terlalu keras(padat) pada saat siang hari.
3. Rajin – rajinlah menjaga kebersihan kulit wajah
Cucilah muka 2x sehari, yang terpenting sebelum tidur. Lakukan secara rutin, dan gunakanlah sabun muka yang lembut, serta lap sampai kering dengan handuk yang lembut dan higienis.
4. Gunakanlah cream perawatan wajah yang TEPAT
Saat pagi/siang hari sebelum beraktivitas sebaiknya gunakan cream wajah yang dapat melindungi wajah dari berbagai penyebab timbulnya masalah kulit wajah, seperti : sinar matahari, debu, kotoran, dll. Dan pada malam hari sebelum tidur, gunakanlah cream wajah yang melembabkan(untuk wajah kering), dan wajah dalam kondisi bersih.
5. Pakailah masker yang sesuai untuk kulit wajah kering
Setiap 2 minggu sekali, sempatkan menggunakan masker yang memang diperuntukan untuk kulit wajah kering.
Contoh : masker alpukat. Sehingga kelembaban kulit wajah terjaga keseimbangannya.
Pitiriasis alba memang cenderung menyerang kulit wajah kering, untuk kulit wajah berminyak jarang sekali terkena jamur ini. Tapi pada wajah berminyak, lebih mudah mengalami Jerawat. Memiliki warna kulit wajah yang tidak merata sangat amat menyebalkan, bisa menurunkan rasa percaya diri. Karena kebanyakan orang tidak tahu tentang pitiriasis alba, masyarakat luas lebih tahu tentang panu, sehinnga akan berpikir ke arah itu.
Setelah membaca artikel ini, diharapkan banyak orang lebih tahu tentang pitiriasis alba, serta cara untuk menangani nya juga. Akan tetapi, janganlah gegabah pula dalam memilih cream untuk perawatan wajah anda, salah – salah malah akan memperburuk(membuat jadi berjerawat, terkelupas, dll).

Pahami benar jenis kulit anda, dan pahami juga permasalahan yang kulit anda hadapi, sehingga bisa menentukan cara penanganan terbaik. Semoga dengan adanya artikel ini dapat membantu banyak orang agar terbebas dari masalah warna kulit wajah yang tidak rata.

These icons link to social bookmarking sites where readers can share and discover new web pages.

Leave a comment

Desing Downloaded From Free Blogger Templates | Free Website Templates | Free PSD Graphics